Sabtu, 03 Februari 2024

Refleksi Guru meningkatkan kualitas pembelajaran

 

 Refleksi hasil pembelajaran membantu guru 

mengenal potensi 

untuk merancang  pembelajaran yang lebih baik

 

                     

                Gambar 1 refleksi di sekolah                                                           2. Refleksi di luar sekolah

 

1. Proses pembelajaran yang berjalan selama ini dilakukan tanpa ada refleksi dan identifikasi permasalaha yang terjadi .

2. Banyak permasalahan yang seharusnya dicarikan solusi  namun keterbatasan waktu dan pemahaman guru belum sepenuhnya teratasi

3.  Melakukan refleksi adalah kegiatan yang baik untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan guru dan peserta didik  tentang hasil belajar yang telah dilakukan

4.     Refleksi  penting dilakukan dan dibagikan sebagai salah satu program kegiatan guru  karena akan menjadi referensi untuk meningkatkan kompetensi belajar mengajar seorang guru

Setiap melakukan aksi kegiatan pembelajaran pasti banyak mengalami kendala terutama waktu, ruang kolaborasi yang tidak tersedia karena setiap guru memiliki aktifitas yang padat dan bervariasi. Perlunya  sosialisasi dan pendekatan kepada teman sejawat, kepala sekolah dan pengawas agar kegiatan refleksi dapat dilakukan. Refleksi  kadang membutuhkan bantuan dari orang lain, dengan adanya kolaboras akan membantu guru untuk menemukan solusi yang tepat untuk melakukan refleksi dan tindak lanjut

Tahapan yang dilakukan diantaranya 

·    Mengidentifikasi  permasalahan yang terjadi

·  Melakukan komunikasi dengan teman sejawat, kepala sekolah atau guru yang di aggap memahami pentingnya refleksi

·   Kolaborasi dengan teman di luar sekolah  atau wali murid yang dapat membantu mencari solusi

·    Beberapa sumber daya yang dapat kita gali diantarany di PMM  dan melalui referensi yang dapat di temukan di beberapa referensi  pelaksanaaan refleksi Hasil refleksi  secara kuantitas dapat dilakukan dengan renmedial tes atau remedial Teaching, format rubrik juga kan membantu proses refleksi agar lebih focus dan terstrutur dalam lmelakukan refleksi

Dengan tahapan yang telah di lakukan, refleksi akan berjalan dengan baik dan mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasi persoalankegiatan pembelajara yang harus terus di benahi. Sehingga di harapkan hasil pembelajaran siswa mengalami peningkatan dan guru semakin mahir melakukan refleksi .

Berkat semangat  kolaborai dan kemampuan yang dimilki selama melakukan refleksi dapat  membantu guru untuk melakukan tindak lanjut Sehingga pembelajaran berkelanjutan dapat berjalan dengan baik

 

Luda Sofiah

Aksi nyata budaya positif sekolah