https://docs.google.com/document/d/1Q-KKAaJAE46vJ0Vpcsl68Q7hn3gXz10m/edit?usp=sharing&ouid=113611965746263927616&rtpof=true&sd=true
ARTIKEL AKSI NYATA
Masa pandemi yang baru saja berlalu membuat siswa mengalami kemunduran motivasi untuk belajar. Ujian bagi seluruh negara dalam menghadapi krisis Pendidikan . Hal ini juga dirasakan siswa kelas 4 SD
Negeri Tegal jetak. Di masa tatap muka yang baru saja berjalan siswa terlihat kurang termotivasi mengikuti pembelajaran di sekolah , karena sudah hampir dua tahuan terlena belajar dengan suasana di rumah tanpa ada kegiatan yang mendukung pemahaman konsep belajar. Meskipun guru sudah memberikan materi dengan banyak cara agar siswa mengikuti pembelajaran, namun karena keberadaan rumah di anggap tempat bermain dan istirahat makaterjadilah loss learning yang mengakibatkan pola belajar siswa tidak terkendali, belum lagi dengan kemampuan orang tua yang memberikan penjelasan mengenai materi ajar yang disampaikan oleh guru sehingga konsep pembelajaran menjadi kabur, selain itu kondisi ekonomi yang mempengaruhi kemampuan akses belajar siswa melalui internet pun mengalami kendala karena tidak semua keluarga mahir dan miliki IT. Banyak usaha yang telah guru lakukan agar proses pembelajaran tetap berjalan . Seperti membuat video belajar maupun secara daring dan model lainnya. Pendidikan merupakan sebuah pondasi untuk mencapai peradaban bangsa yang di cita-citakan. Pendidikan berhubungan erat dengan kodrat alam dan kodrat zaman.
Pendidikan perlu dilaksanakan dengan memberi contoh teladan, memberi semangat dan mendorong anak untuk terus berkembang
B. Aksi nyata Aksi nyata adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam melakukan proses perubahan atau perbaikan. Dilaksanakan secara sadar dan ter program. Melakukan aksi nyata diawali dengan menulis jurnal refleksi diri berupa catatan proses hasil belajar yang telah dilaksanakan. Kumpulan beberapa kegiatan yang telah dilakukan guru kemudian menjadikan menjadi suatu program atau rencana kedepan untuk melakukan tindakan atau perubahan kearah yang lebih baik Aksi nyata yang dibuat kali ini adalah bagaimana membiasakan siswa untuk berani melakukan presentasi di depan kelas dengan penuh percaya diri. Diikuti dengan penerapan pembiasaan bertutur kata dengan mengaitkan pembelajaran projek profil pelajar Pancasila
C. Hasil aksi nyata Setelah melakukan serangkaian catatan jurnal hasil refleksi yang telah lalu dengan kemudian mengidentifikasi kelemahan dean kekurangan yeng telah terjadi. Sebagai bahan pertimbangan melakukan wawancara dan berkolaborasi dengan teman sejawat, kepala sekolah tentang apa saja solusi yang harus dilakukan dalam mengatasi berbagai kelemahan dan kekurangan yang membuat siswa belum termotivasi untuk mengikuti pembelajaran di kelas terutama kelas4, selain akibat wabah pendemi yang sangat mempengaruhi gaya belajar siswa .
Hal yang dianggap gagal diantaranya belum berhasilnya kemampuan siswa memiliki rasa percaya diri Ketika melakukan presentasi di depan kelas. Hal ini adalah tanggung jawab guru sebagai pemimpin pembelajaran untuk merubah kekurangan menjadi kelebihan, membuat rencana yang lebih baik melalui kolaborasi dan rekam jejak kegiatan pembelajaran yang lalu .
D. Rencana perbaikan Untuk memulai perbaikan rencana kedepan, guru membuat rencana pembelajaran yang menunjukan kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa meningkatkan kreatifitas dan percaya diri siswa ketika melakukan presentasi. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa merasa bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan menumbuhkan rasa percaya dirinya . Mampu berkomunikasi dengan santun dan ber karakter, memiliki kayakinan dengan kemampuan diri melalui kegiatan berlatih melakukan presentasi disetiap kegiatan pembelajaran terutama setelah berdiskusi maupun mengerjakan hasil tugas terstruktur yang telah di berikan guru. Pembiasaan ini terus dilakukan agar siswa semaki semangat belajar dan mampu berkomunikasi dengan benar, baik dengan teman atau dengan guru serta lingkungan kesehariannya Kolaborasi dengan teman sejawat Dan Berlatih berkomunikasi yang baik melalui Presentasi dan diskusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar