Sabtu, 28 Agustus 2021

Petualang Guru Belajar



 

Pengalaman kali ini 

Tak pernah terbayangkan kalua aku akan masuk di jajaran pengajar 

praktek guru penggerak. Bermula dari  sering iseng mengikuti Seri belajar  yang di gulirkan kemdiknas aku sering mengikuti karena merasa suka dengan hal baru  padahal sebenarnya cukup membuat pusing kepala mana kala banyak wacana dan tayangan yang harus di amati ya, belajar lagi belajar lagi memang penuh tantangan. Membaca dan terus memahami semua wacana. Menyimak Video yang tak bisa lewat dan cepat tayang dan materi yang panjang butuh konsentrasi.  Pretes dan Postes harus mendapat nilai di atas 70 baru bisa di lanjut. Sekolah mandiri mengejar ilmu yang tak pernah tuntas. Lalu bebas.Kali ini mencoba ikut program guru penggerak. Hanya karena penasaran. Apa saja pengalaman dan wawasan yang akan saya dapatjika menjadi peserta guru penggerak.

 Mulailah mencoba masuk laman Guru penggerak yang ada di SIMPKB. Karena seri guru belajar sudah tuntas saya ikuti 4 seri dan sertifikat sudah  ku dapat.

 
        
Banyak yang mengatakan kalau yang aku kerjakan ini hanya membuang waktu percuma apalagi hanya sekedar mendapat selehai kertas  berisi 32 jam. Tapi entahlah   Aku tak pernah menggubrisnya  bagi ku tugasnya adalah merasa harus terus  menambah wawasan apalagi di jaman global ini pendidikan dan bahan ajar terus mengalami perkembangan


 aku  mencoba mendaftar  di program guru penggerak . Pendaftaran di mulai dengan mengisi   pesyaratan yang harus di lengkapi seperti biodata ijazah, SK  dan  lainnya , namun ada yang paling menantang adalah mengisi essay minimal 250 karakter dan beberapa essay lain ada yangminimal 500 karakter.  Sungguh pekerjaan yang tidak mudah .  Aku berusaha mengisi semua pertanyaan dengan hamburan kata penuh  cerita berdasarkan pengalaman  yang pernah di lakukan dan juga pengalaman saat mengajar,  kemudian mengaplod RPP buatan sendiri masukan ke drive kemudian kirim di laman guru berbagi .

 Semua persyaratan termasuk surat ijin dari atasan.  Buat saya surat ijin atasan adalah surat angker. karena untuk meminta tanda tangan mendapat respon negatif.  Padahal setiap guru wajib mengembangkan diri selagi ada kesempatan. Tapi aku tak peduli   dengan respon negatifnya, karena niat aku hanya untuk menambah wawasan dan ilmu kekinian . Selain  karena masuk di dalamnya perkembangan ketrampilan  pedagogi sosial, profesional dan akademik .

  Baru mendaftar saja sudah menantang, pertanyaan essai yang harus di jawab jika di kumpulkan bisa jadi satu cerpen rasanya. Tapi aku jadi ingat pengalaman ternyata membuat aku mampu mengisi essay yang begitu banyak di laman ini. Tuntas sudah mengisi berkas, dan terkirim sudah. Cukup lama menunggu pengumuman lulus pemberkasan.

Tiba saatnya pengumuman dan aku di nyatakan lulus seleksi berkas. Itu baru berkas , lalu selanjutnya aku harus mengikuti tes lanjut , yaitu tes simulasi mengajar Setelah.  Sebelum tes simulasi mengajar aku harus mengikuti sosialisasi  guru penggerak untuk mengikuti seleksi lanjut, tak kebayang selesai siang hari aku mendapat giliran tes simulai siang hari, ini waktu yang sangat sempit buat saya, namun  karena terbiasa membuat RPP jadi tidak terlalu rumit. Tiba waktu tes simulasi mengajar melalui g-meet di rumah setelah pulang sekolah. Membuat alat peraga sederhana. Saat simulasi aku di dampingi oleh anak ku yang paling kecil kelas 3SD di situasi simulasi sempat membuat nerveus karena sendirian dan sempat panik menggunakan g-meet  sudah koneksi tapi webcame nya belum Nampak ternyata aku harus bergeser dan menghadap kamera, sambal tertawa kecil  bapak asseor  menyapa, itu bu sudah terlihat dan aku sedikit malu  juga, tetapi karena assesornya ramah dan sabar aku bisa memulai simulasi mengajar dengan memajang gambar di tembok  dan 1 buah bekas kalender uyang aku balik supaya seperti papan plano putih. Seingat aku. Ketika simulsi berjalan ternyata ada yang terlewat. Biasanya divawal belajar aku menulis   waktu di papan tulis. Tapi kali ini aku lupa, lalu meminta ijin mengambil spidol sambal    agak panik  karena  entah dimana spidol yang sudah aku siapkan itu berada.  Dan tanpa waktu lama Alhamdulillah spidol bisa ku sambar ternyata ada di tempat tidur di balik ruang aku simulasi

Karena Langkah-langkah pembelajaran harus essuai situasi mendadak memang membuat  aku menjadipanik. Anak ku yang kecil mendampingi dan mengambilkan minum untuk sekedar  menaenagkan situasi  saat simulasi.  Bapak assessor yang menyilahkan kau untuk minum sebelum melanjutkan pertanyaan tentang peran dan Langkah -langkah belajar yang aku tampilkan  sambil bergumam Akh putriku solehah cantik aku sayang padamu. Menemani hingga selesai.

 Simulasi selesai perasaan lega karena sudah melewati tahapan tes simulasi mengajar. Tidak sampai disini, aku di beritahukan bahwa rajin membuka laman di SIMPKB untuk melihat pengumuman tes berikutnya yaitu tes wawancara Yang kemudian menunggu berita kelulusan kedua.

Sekitar dua minggu ada teman yang mengirim pengumuman kelulusan lewat wa. Alhamdulillah aku di nyatakan lulus simulasi mengajar dan akan mengikuti tahapan tes wawancara. Wawancara di lakukan melalui g-meet selama 90 menit. Cukup lama, Aku pikir nanti ngomong apa selama itu. Tiba waktunya tes wawancara. Aku bersiap dengan kemapuan seadanya. Banyak pertanyaan yang membuatku lupa menjawab. Tapi kali ini aku di damping suami yang menemani di balik dinding tempat aku melakukan tes wawancara Suamiku membantu mengingatkan semua pengalaman yang pernah di lakukan aku selama ini  mulai dari kegiatan sosial dan pengalaman saya menjadi fasilitator. Aku benar-benar lupa, mungkin karena pertanyaannya banyak padahal seluruh pengalaman itu adalah modal untuk saya mampu menjawab semua yang di tanyakan oleh assessor. Dan Alhamdulillah semua terjawab dengan lancer karena yang ditanyakan adalah kegiatan yang memang aku lakukan selama ini,wawancara selesai. Selanjutnya menunggu pengumuman berikut  tibalah hari itu. Yaitu pengmuman lulus tes wawancara untuk mengikuti pembekalan.  Hari itu esok hari setelah lebaran haji aku dinyatakan lulus seleksi wawancara. Dan mulai pembekalan secara daring selama 14 hari. Alhamdulillah tak sia sia mengikuti tahapan yang benar benar menantang waktu dan pikiran serta kemampuan menggunakan IT.  

 Pembekalan di mulai sekolah masih belajar daring memberi keleluasaan aku untuk mengikuti pembekalan ini sambil menunggu pengumuman PTM sekolah.

Situasi pendemi memang memaksa aku harus berkutat dengan materi. Duduk di depan computer, melakukan presentasi dengan timer, berbagi pengalaman, Berbincang  simulasi membuat poster tapi aku memilih membuat  video. Merefleksi membuat peta konsep. Berlatih menjadi coach dan coaching dalam rekaman, bermain jamboard. Membuka file

 Membuat peta konsep antar koneksi simulasi pendampingan individu dan lokakarya, tapi asik juga bisa bercengkrama di dunia maya. Presentasi di g-meet masuk ruang room besar berpencar ke room kecil di g- meet. Saat hilang kontak sempat panik lagi lagi via wa. Mana kala terputus konekai dan mati lampu. Sehingga paparan teman tidak bisa aku ikuti  karena terkendala sinyal. Hal ini memang resiko belajar sinkron. Namun membuat aku menjadi lebih mahir berkomunikasi secara sinkron dan asinkron.

 Setelah selesai aku ikuti, ada rasa lega sudah mengikuti rintangan yang sangat menantang buat aku, dan ini memang pengalaman yang luar biasa semoga selanjutnya bisa melaksanakan dengan baik sesuai pengetahuan dan ilmu yang aku dapat saat ditugaskan mendampingi para CGP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jambore GTK 2024 PRAKTIK BAIK

  PRAKTIK BAIK   PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN KONSEP PIRAMIDA TERBALIK UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL PELATIHAN GURU https://...